Ilustrasi keuntungan dari kegiatan ekspor. (freepik)

Apa Saja Keuntungan Ekspor Bagi Pebisnis

GPEI Kaltim – Jika ngomongin soal ekspor pasti pertanyaan yang sering muncul di kepala emang untungnya gede? Nah, kali ini kita bakal bahas deh buat sobat GPEI terkait keuntungan apa aja sih dari kegiatan ekspor bagi pengusaha. Yuk simak lima poin keuntungan dari kegiatan ekspor bagi pebisnis;

 

  1. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Keuntungan pertama dari ekspor atau perdagangan luar negeri tentu saja memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Dari kegiatan ekspor yang dilakukan, sobat GPEI juga berpeluang membuka akses yang lebih luas lagi ke jutaan pembeli di seluruh dunia. 

Dari perdagangan luar negeri ini pun menjadi nilai tambah dalam bersaing dengan kompetitor bisnis. Sobat GPEI dapat mengambil alih pasar internasional khususnya yang belum diambil alih oleh kompetitor untuk selangkah lebih maju memenangkan persaingan pasar.

 

  1. Penjualan Melejit, Peluang untuk Meningkatkan Penjualan Semakin Pesat

Pasar internasional bak samudra peluang yang tak terbatas untuk meningkatkan penjualan dan meraup keuntungan berlipat ganda. Tak hanya itu, dengan melakukan ekspor, nilai jual produk sobat GPEI pun akan meningkat. Keuntungan ini bisa menjadi portofolio bisnis sobat GPEI dan berpeluang untuk lebih meningkatkan penjualan.

 

  1. Tingkat Keuntungan Makin Besar dengan Penggunaan Mata Uang Asing

Kegiatan ekspor umumnya menggunakan mata uang asing, biasa yang digunakan yaitu Dollar Amerika Serikat. Lalu mengapa penggunaan mata uang asing jadi keuntungan?  Karena, harga jual produk akan mengikuti harga jual produk di negara tujuan tersebut. 

Tak hanya itu, kurs atau nilai mata uang asing seperti Dollar Amerika Serikat nilainya lebih tinggi dibandingkan Rupiah. Alhasil ada selisih kurs yang menjadi keuntungan sobat GPEI jika dikonversikan ke mata uang Rupiah.

 

  1. Memperkaya Wawasan dan Mempertajam Pengalaman Berbisnis

Seperti yang sobat GPEI tahu, wawasan dan pengalaman bisnis menjadi hal penting dalam dunia usaha. Tanpa pengalaman dan wawasan bisnis bisa saja jalan di tempat.

Nah, dengan kegiatan ekspor bisa membuka jendela ilmu dan pengalaman baru. Sobat GPEI akan belajar cara menembus pasar global, menemukan negara tujuan potensial, menyesuaikan harga jual dan mengatur strategi bisnis untuk bersaing di kancah internasional. 

Pengalaman ini tentunya bisa menjadi bekal untuk mengembangkan bisnis menjadi industri yang lebih besar.

 

  1. Pemicu untuk Terus Berinovasi

Persaingan di pasar global sudah pasti akan jauh lebih sengit dari persaingan lokal atau dalam negeri. Sobat GPEI mau tak mau akan dituntut untuk berinovasi. Ciptakan produk unik dan bermanfaat yang mampu memikat hati konsumen.

 

Pranala: cimbniaga.co.id, freightsight.com

Berita Lainnya

Alamat

Jl. Wahid Hasyim Blok.1 No. 26 RT.011 Sempaja Selatan Samarinda Utara Kota Samarinda Prov Kalimantan Timur

Program

Media

Keanggotaan