PT PTB Terapkan Pelayanan Digital di STS Muara Berau, Dukung Peningkatan Daya Saing Pelabuhan

Samarinda – PT Pelabuhan Tiga Bersaudara (PTB) selaku pemegang konsesi kepelabuhanan di STS Muara Berau, Kalimantan Timur, menerapkan pelayanan secara digital sejak 1 Oktober 2023.

Penerapan pelayanan digital ini menggunakan aplikasi Orbit, yang mencakup seluruh proses pelayanan di STS Muara Berau, mulai dari pemilihan Perusahaan Bongkar Muat (PBM) yang dilakukan Shipper atau pemilik barang, hingga proses pembayaran.

Hingga saat ini, sudah ada 92 perusahaan yang terdaftar dalam aplikasi Orbit. Rinciannya, 56 perusahaan pemilik barang dan 36 perusahaan bongkar muat.

Pada tanggal 4 Oktober 2023, PT PTB menerima pengajuan pelayanan perdana melalui aplikasi Orbit. Pengajuan pelayanan tersebut diajukan oleh PT Rencana Mulia Baratama selaku pemilik barang yang menunjuk PT Penascop selaku PBM. Armada pengangkut yang digunakan adalah MV. Seacon Tokyo.

General Manager PT PTB area Samarinda, Anang Indrianto, mengatakan bahwa penerapan pelayanan digital ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan di STS Muara Berau.

“Dengan penerapan pelayanan digital ini, kami berharap dapat meningkatkan daya saing pelabuhan Muara Berau,” kata Anang Indrianto.

Untuk mempermudah para pengguna jasa menggunakan aplikasi Orbit, PT PTB menyediakan video tutorial dalam melakukan registrasi dan pelayanan. Hingga saat ini, sudah ada 4 Shipper yang telah berhasil melakukan pengajuan di sistem orbit PTB.

“Kami juga akan melakukan pendampingan kepada para pengguna sistem orbit. Kami akan tunggu satu minggu ke depan untuk melihat efektivitas pelayanan menggunakan sistem orbit ini,” tutupnya.

Berita Lainnya

Alamat

Jl. Wahid Hasyim Blok.1 No. 26 RT.011 Sempaja Selatan Samarinda Utara Kota Samarinda Prov Kalimantan Timur

Program

Media

Keanggotaan