Sosialisasi Pelatihan Aplikasi Stevedore Dukung Digitalisasi Bongkar Muat di Kuala Samboja

SAMARINDA – DPC Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Kuala Samboja dan PT. Duta Meta Graha berkolaborasi menggelar sosialisasi pelatihan Aplikasi Stevedore di Coconut Beach, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, pada Selasa (25/6).

Acara ini dihadiri oleh perwakilan DPD GPEI Kaltim, Kepala KUPP Kelas III Kuala Samboja, Koperasi Karya Sejahtera, dan 23 admin Perusahaan Bongkar Muat (PBM) Kuala Samboja yang akan mengoperasikan aplikasi tersebut.

Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kesepakatan bersama antara DPD GPEI Kaltim dan DPC APBMI Kuala Samboja untuk melibatkan PT. Duta Meta Graha sebagai penyedia jasa Aplikasi Stevedore.

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam proses bongkar muat di Kuala Samboja, khususnya di Ship to Ship Transfer Muara Jawa,” ujar Ketua Panitia Sosialisasi Pelatihan.

Ketua APBMI Kuala Samboja, Loies Subowo Saminanto, menekankan pentingnya digitalisasi dalam industri bongkar muat. “Kita sudah memasuki era digitalisasi, akuntabilitas, dan transparansi. Tiga hal ini mendorong kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa (shipper) dengan menggunakan Aplikasi Stevedore,” jelasnya.

Loies menambahkan bahwa 70-80% peserta sosialisasi berasal dari perusahaan lokal (PBM Kukar) yang tergabung dalam keanggotaan DPC APBMI Kuala Samboja.

ST. Tri Laksono, Advisor PT. Duta Meta Graha dan Narasumber pelatihan, menjelaskan bahwa Aplikasi Stevedore adalah sistem manajemen dokumen yang membantu PBM meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa.

“Aplikasi Stevedore terintegrasi dengan Statement Of Fact Working Records, Daily Report, dan Barge Progress, sehingga semuanya berasaskan transparansi,” ungkap Tri.

Tri menambahkan bahwa penggunaan Aplikasi Stevedore secara komersial akan dimulai pada tanggal 15 Juli 2024.

Sosialisasi ini merupakan langkah awal digitalisasi proses bongkar muat di Kuala Samboja. Diharapkan dengan penerapan Aplikasi Stevedore, pelayanan bongkar muat di wilayah ini akan semakin efisien, akuntabel, dan transparan.

Berita Lainnya

Alamat

Jl. Wahid Hasyim Blok.1 No. 26 RT.011 Sempaja Selatan Samarinda Utara Kota Samarinda Prov Kalimantan Timur

Program

Media

Keanggotaan