Ilustrasi kegiatan ekspor. (Freepik)

Tujuan dan Manfaat dari Kegiatan Ekspor

GPEI Kaltim – Sobat GPEI paham bukan dengan pengertian ekspor? Tapi tau nggak sih jika kegiatan ekspor itu memiliki tujuan dan manfaat yang baik untuk ekonomi negara dan perkembangan bisnis sobat GPEI. Berikut berbagai tujuan dan manfaat dari kegiatan ekspor;

 

  1. Mengendalikan Harga Produk

“Kelebihan produksi? Ekspor solusinya!” Yah begitu lah kira-kira slogan yang muncul ketika sebuah negara mengalami over kapasitas pada suatu produk. 

Ekspor bagaikan jurus ampuh untuk menstabilkan harga produk dalam negeri. Mengapa? Karena produk dalam negeri yang mengalami over kapasitas itu akan memiliki harga yang lebih murah. Seperti hukum ekonomi dasar, jumlah produk berlimpah, permintaan berkurang yang menyebabkan harga menurun.

Nah, agar negara tersebut mampu mengendalikan harga di pasar, negara melakukan kegiatan ekspor ke negara lain yang lebih membutuhkan produk tersebut. Alhasil, dengan memasarkan produk ke luar negeri, harga di dalam negeri akan terjaga.

 

  1. Dunia Industri Dalam Negeri Berkembang, Peluang Usaha Terbuka Lebar

Permintaan produk yang tinggi dalam ruang pasar internasional bisa menjadi pemicu pertumbuhan industri dalam negeri. Mengapa? Permintaan ekspor yang meningkat pada suatu produk akan berdampak langsung pada perkembangan industri. Pabrik-pabrik akan baru bermunculan, melahirkan industri-industri lain yang jauh lebih besar.

Dengan begitu, kegiatan ekspor akan menghasilkan iklim usaha yang lebih kondusif. Kemudian negara tersebut akan membiasakan dirinya untuk bersaing dengan persaingan yang ketat dalam perdagangan internasional.

 

  1. Jumlah Devisa Bertambah

Setiap produk yang diekspor menghasilkan devisa, mata uang asing yang memperkuat pundi-pundi negara. Penambahan devisa ini tentunya akan berdampak pada kekuatan perekonomian negara.

Adanya kegiatan ekspor bermanfaat untuk membuka peluang pasar baru di luar negeri. Peluang tersebut akan menumbuhkan perluasan pasar domestik, investasi, dan devisa pada suatu negara.

 

  1. Lapangan Kerja Tercipta, Kesejahteraan Meningkat

Kegiatan ekspor mampu membuka gerbang lapangan kerja baru. Mengapa? Karena kegiatan ekspor akan berdampak pada pertumbuhan industri dalam negeri yang beririsan dengan ketersedian lapangan pekerjaan. 

Alhasil, dapat menekan angka pengangguran. Roda ekonomi pun berputar semakin kencang.

 

Pranala: cnbcindonesia.com, Gramedia

Berita Lainnya

Alamat

Jl. Wahid Hasyim Blok.1 No. 26 RT.011 Sempaja Selatan Samarinda Utara Kota Samarinda Prov Kalimantan Timur

Program

Media

Keanggotaan